Tips Pelihara Ikan Gurame Pada Kolam Terpal

Petunjuk Budidaya Ikan - Pada Usaha Budidaya Ikan Gurame Pemilihan benih/bibit gurameh yang baik mutlak penting. lantaran dengan bibit ikan yang baik maka ikan gurame bakal tumbuh dan hidup dengan baik. Hal yang menetukan keberhasilan adalah ketekunan serta keuletan untuk mengawali usaha budidaya gurame ini. Berikut langkah-langkah pemijahan/Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal :

Persiapan Kolam Ikan Gurame :
Pembesaran ikan gurameh bisa dilakukan pada kolam tanah ataupun kolam permanen. Persiapan kolam ini bertujuan untuk menumbuhkan makanan yang alami dalam jumlah yang cukup seperti planton dll.

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal


Persiapan di Kolam Permanen/Terpal :
  • Menggali tanah dengan kedalaman tentu dengan kedalaman 1 Meter
  • Selanjutnya terpal dipasang pada tanah galian tersebut
  • Menempatkan terpal pada permukaan tanah dengan memakai bantuan rangka kayu dan besi
  • Selanjutnya terpal dirangkai mirip bak, beban terpal juga tidak terlampau berat pada saat di beri air
  • cara kedua mempermudah dalam melakukan pergantian dan pembersihan kolam
  • Kita dapat juga menyedot kotoran pada dasar kolam terpal dengan mudah
  • Kotoran ikan gurame pun mesti dibuang dari kolam supaya kebersihan air senatiasa terjaga begitu juga dengan kesehatan ikan.
Pendedaran/Pemijahan Ikan Gurame :
Sesudah kolam terpal selesai di buat langkah selanjutnya yaitu mengisi kolam dengan ikan guramih, walau demikian saat sebelum ikan guramih dimasukkan butuh di pastikan lebih dahulu kolam dalam keadaan steril dari penyakit serta beberapa zat berbahaya lainya.

Terpal memiliki kandungan unsur kimia untuk pewarnaannya, jadi saat sebelum dipasang perlu dicuci dan dibuat bersih. Untuk membunuh patogen kolam yang sudah terisi air ditaburkan garam 3 ons/m3. Pastikan pula ikan gurami yang bakal dibudidayakan tak mengandung bibit penyakit. Bila gurami terserang penyakit memerlukan aksi pengkarantinaan terlebih dulu sebelum akan dimasukkan ke kolam.

Tata Cara Penebaran Benih/Bibit Ikan Gurame :
Penebaran benih gurame Saat sebelum benih ditebar perlu diadaptasikan, dengan maksud supaya benih ikan gurame tak dalam keadaan stres kala berada dalam kolam. Langkah adaptasi benih gurame dalam kondisi terbungkus plastik dan masih tertutup rapat dimasukan pada kolam, biarkan sampai dinding plastik mengambang.

Ini tandanya air kolam serta air dalam plastik sudah sama suhunya, kemudian di buka plastiknya serta air dalam kolam masukkan sedikit demi sedikit ke plastik tempat benih hingga benih tampak dalam keadaan baik. Setelah itu benih gurame ditebar/dilepaskan dalam kolam dengan cara perlahan.

Proses Pemberian Pakan/jenis makanan Ikan Gurame.
Ikan gurame adalah tipe ikan pemakan tumbuhan (herbivora). walau demikian Saat pada ukuran benih ikan gurame bersipat carnivora, oleh karenanya type pakan yang didapatkan pada saat gurame masih benih yakni berbentuk kutu air, cacing sutra. Karakter herbivora pada ikan gurame yakni terjadi saat ikan gurame sudah dewasa.

Makanan pokok ikan gurame berbentuk pelet yang bisa diatur gizinya, akan tetapi pada daerah yang sedikit susah mendapatkan pelet, daun-daunan adalah alternatif yang sangatlah baik untuk dijadikan makanan ikan gurame, sebaiknya Ikan gurami di beri makan 2 kali dalam sehari.

Frekwensi pemberian makan lebih baik dalam frekuensi yang banyak namun dalam jumlah sedikit2 dari pada dalam frekuensi sedikit namun jumlahnya banyak. Terkecuali Pelet makanan untuk ikan guramih dapat ditambahkan daun-daunan dan sayuran. Daun-daunan dan sayuran sangatlah berguna untuk kesehatan serta perkembangan ikan guramih.

Adapun type pakan yang umum diberikan pada ikan gurame yakni seperti berikut:
Jagung rebus, Dedak, Ampas tahu, Bungkil kacang, Daun talas/daun keladi, Daun ubi jalar, Daun pepaya , Tauge kacang hijau, tauge kacang merah, tauge dari bibit padi muda, Daun Sente, Daun singkong, Daun kangkung, Labu, Pakan buatan.
Pemberian makanan yang teratur dengan kwalitas dan jumlah yang tinggi bisa meningkatkan perkembangan tumbuh ikan lebih cepat. Pada budi daya ikan gurami dengan terpal ini butuh dijauhi pemberian makanan yang terlalu berlebih, bila ada makanan yang tersisa mesti selekasnya dibuang.

Makanan ikan serta kotoran ikan yang ada di kolam memiliki kandungan zat amoniak yang dalam jumlah spesifik miliki sifat racun untuk gurami. Terkecuali berikan makan dengan jumlah serta frekuensi teratur hal-hal lain yang perlu di perhatikan yaitu mutu air.

Walau ikan gurameh cukup tahan dengan air yang tidak baik namun air perlu dibersihkan serta ditukar sebagian (40%) dengan cara periodik. Umumnya pergantian dilaksanakan 1 minggu sekali dengan lakukan shift pond.

Caranya air disedot keluar dengan selang atau pompa, kotoran keluar lewat selang itu, lalu di isi kembali dengan air yang baru. Semakin bagus bila kolam di beri aerator/filter untuk menambah kandungan oksigen serta bersihkan kotoran dengan cara otomatis.

Untuk pendederan selanjutnya bersihkan kolam dari lumut dan kotoran hingga betul-betul bersih selanjutnya dicat gunakan air kapur terus dikeringkan. sehari kemudian isi air dengan kedalaman 40-50 cm. serta di beri prebiotik penumbuh plangton. Hal karena makanan ikan gurame sebagian besar di peroleh dari makanan tambahan atau buatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Pelihara Ikan Gurame Pada Kolam Terpal"

Posting Komentar