Cara Praktis Budidaya Ikan Lele Dumbo Dikolam Plastik

Petunjuk Budidaya Ikan - Budidaya lele merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Bagaimana tidak permintaan pasar akan ketersediaan ikan lele makin besar dari tahun ke tahun. Dalam hal ini ikan lele yang paling gampang dibudidayakan yaitu ikan lele jenis dumbo. Selain mempunyai tekstur daging yang renyah hingga diminati banyak orang, ikan lele dumbo juga adalah tipe lele yang cepat besar, dan dalam perawatannya juga sangatlah gampang dikerjakan.

Budidaya Ikan Lele Dumbo Dikolam

Pelihara Ikan Lele Dumbo Dikolam Terpal


Budidaya Iklan Lele Untuk Pembibitan
Hal yang perlu di ketahui apabila mau membudidayakan ikan lele, khusus pada bagian pembibitan adalah waktu pemijahan dan penetesan telur lele. Setelah menetas bibit ikan lele bisa di jual pada peternak lain untuk di besarkan atau dipelihari kembali sampai besar. Dikarenakan bibit lele langsung dapat di jual dikala menetas, sehingga menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Penyediaan bibit ikan lele dengan ukuran 2-3 cm bisa tercapai saat umur penetasan telah mencapai satu bulan. Biasanya pemeliharaan bibit dikerjakan di kolom berlumpur ataukah di sawah yang membutuhkan tempat yang relatif lebih luas.

Namun pemeliharaan bibit ikan lele juga sesungguhnya dapat dikerjakan di kolam plastik, walau hal semacam ini tak dapat dilukan dalam jumlah polulasi bibit yang terlalu besar. Agar bibit ikan lele cepat besar saat memiliharanya pada kolam plastik, jadi hal yang perlu dilaksanakan yaitu memberi makanan berbentuk pelet yang cukup setiap harinya.

Untuk menjadikan bibit ikan lele sampai ukuran 5-7 cm, maka butuh waktu sampai 2 bulan. Setelah bibit capai ukuran ini, maka sejatinya telah dapat di jual sebagai bibit yang mendatangkan keuntungan buat peternak.

Budidaya Ikan Lele Untuk Konsumsi Keluarga
Lele untuk kepentingan mengkonsumsi bisa dipelihara saat mencapai ukuran 5-7 cm. Ukuran bibit yang semakin besar, bakal lebih baik juga untuk dibudidayakan. Agar panen berjalan dengan cepat, yakni kurang lebih 3-4 bulan waktu budidaya, maka ikan mesti di beri makanan ekstra dan maksimal. Budidaya ikan lele untuk konsumsi dinilai cukup gampang, karena ikan dengan ukuran semakin besar dapat lebih tahan pada penyakit.

Persiapan Pembuatan Kolam Plastik
Hal yang paling penting dikerjakan saat ingin membudidayakan ikan lele untuk tujuan konsumsi adalah mempersiapakan tempat budidaya. Dalam soal ini dikerjakan di kolam Plastik, hingga pembuatan kolam plastik merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan.

Dalam persiapan kolam plastik diperlukan material berbentuk plastik serta persiapan perangkat pendukung yang lain. Untuk 100 ekor ikan lele, maka kolam yang perlu dipersiapkan yaitu dengan ukuran 2 x 1x 0. 6 meter. Pembuatan kolam dapat dikerjakan dengan menggali tanah dan selanjutnya di beri plastik atau bisa saja dengan membuat rangka dari kayu dan selanjutnya di beri plastik. Cara menggali tanah yang kemudian di beri plastik merupakan langkah yang paling tepat lantaran bakal membuat keadaan plastik lebih awet.

Pemeliharaan Ikan Lele
Kolam plastik yang sudah ada, lalu di isi dengan air yang tidak terlampau dalam terlebih dulu. Untuk bibit ikan lele yang memiliki ukuran 5-7 cm bisa di isi dengan air 40 cm. Hal semacam ini dilakukan agar anakan ikan tak merasa lelah naik turun dari dasar kolam untuk mengambil oksigen.

Bersamaan dengan bertambahnya umur serta ukuran tubuh ikan lele, jadi kedalaman air kolam dapat juga dilakukan. Perlu disiapkan pula rumpun atau pelindung untuk lele. Lantaran lele adalah ikan yang suka bersembunyi di daerah tertutup.

Pemberian pakan pelet dikerjakan 2 kali sehari. Semakin bagus dilakukan pemberian makanan kian lebih 2 x sehari, namun dengan jumlah yang lebih sedikit. Apabila lingkungan ada pakan alami seperti bekicot, kerang, keong emas, rayap dan sebagainya, bisa dikerjakan untuk menambah makanan alami untuk lele. Makanan alami ini selain menghemat pengeluaran dapat juga berikan kandungan protein yang tinggi hingga perkembangan lele bakal lebih cepat.

Pergantian air kolam plastik juga butuh dilakukan 10-30 % setiap minggu. Walau ikan lele di anggap tahan pada kondisi air, namun apabila air kolam plastik tak diganti bakal bikin kondisi air jadi bau. Dengan keadaan air yang berbau bakal bikin ikan lele gampang terserang penyakit.

Khusus untuk ikan lele pada umur 1 bulan, perlu dikerjakan seleksi serta pembelahan yang mempunyai ukuran yang berlainan. Meskipun Lele dumbo tahan pada keadaan air yang buruk sebaiknya perlu ditukar air kurang lebih 10-30% setiap minggu, agar kolam tak terlampau kotor dan berbau.

Penyakit pada ikan lele gampang menyerang pada air dengan keadaan yang kotor. Pada umur sebulan atau lebih, jadi bila diperlukan perlu dilakukan seleksi serta pemisahan lele yang mempunyai ukuran yang berbeda.

Umumnya lele mengalami perkembangan yang tidak sama, hingga bila tak dipisahkan lele dengan ukuran kecil dapat kalah berkompetisi dalam berebut makanan. Selain itu pisahkan jika ada ikan yang terindikasi terkena penyakit agar tak menular.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Praktis Budidaya Ikan Lele Dumbo Dikolam Plastik"

Posting Komentar